Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Jumat, 17 April 2009

Struktur komputer

Jumat, 17 April 2009
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap kompunen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar a. Sedangkan funsi komputer didefinisikan sebagi otersi masing-masing komponen sibagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing dalam struktur tersebut adalah sebagai berikut:

a) input device ( alat masukan )
adalah prangkat keras komponen komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Input device adalah alat yang digunakn untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat perupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang dimunakan umtuk mengolah data yang di masukan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungdi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yand demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat di hubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi.
Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart teminal, dan intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat masukkan input dan penampil output, dan tidak dapat di program karena tidak mempunyai alat pemroses.
Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smrt terminal mampunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembli.walauputn kemikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat di program oleh pemakai.
Peralatan yang hanya berfusi segai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Alat input lansung dapat berupa papan ketik ( keyboard ), pointing device, (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphcs tablet), scanner (misalnya megnetic ink character rekognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalny adigitizing camera) voice recognezer (misalnya microphones). Sedangkan alat input tidak langsung misalnyakeypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

(1) keyboard merupakan alat input standar yang di perlukan dalam setiap PC. Kemponen ini tidak mengalami perkembangan yang pesat. Hanya dalam kenektor dalam Pcnya saja yang mengalami perkembangan, dimulai dengan keyboard XT, keyboard PS2, keyboard USB dan yang baru di kembangkan sekarang ini adalah keyboard wireless.
(2) mouse merupakan komponenen input yang sangat di perlukan jika menggunakan sistem operasi grafis. Mouse lebih bangak cepat perkembangannya dari pada keyboard. Mulai dari mouse serial, mouse PS/2, mouse scroll, dan saat mouse optik.

0 komentar:

Posting Komentar